Giliran Dahnil Anzar Simanjuntak ‘Digarap’ Polda Sumut, Dugaan Kasus Makar?

Giliran Dahnil Anzar

Topmetro.News – Giliran Dahnil Anzar Simanjuntak  diperiksa polisi. Ikhwal pemeriksaan Dahnil Anzar Simanjuntak kini sudah beredar luas di grup-grup whatsApp termasuk surat pemanggilan Koordinator Jurubicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu.

Dalam surat pemanggilan itu, Dahnil (foto kiri) akan diperiksa hari ini Selasa (28 Mei 2019) jam 10.00 WIB sebagai saksi dugaan kasus makar.

Surat yang bernomor SPgl/1320/V/2019/Ditreskrimum tertulis bahwa mantan ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah ini dipanggil Polda Sumatera Utara.

Giliran Dahnil Anzar Diminta Hadir

Dahnil Anzar Simanjuntak diminta hadir dalam perkara dugaan tindakan makar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 Jo 87, 88, dan Pasal 110 KUHP.

Brigjen Dedi Prasetyo (foto kanan) Karo Penmas Mabes Polri belum bisa membenarkan surat pemeriksaan sebagai terhadap Dahnil Anzar Simanjuntak.

Pasalnya, hingga kini Polda Sumut juga belum angkat suara terkait kebenaran surat pemanggilan itu.

“Belum ada info dari Sumut,” ungkap Dedi saat dikonfirmasi sebagaimana disiarkan PojokSatu.id, Selasa (28/5/2019).

Orang-orang Terdekat Prabowo

Sekadar diketahui, jika pemanggilan Dahnil Anzar benar adanya, hal ini menambah deretan orang-orang yang dekat dengan Prabowo menjadi orang yang dituding melakukan tindakan makar.

Satu per satu sudah diseret ke jeruji besi seperti aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma, Eggi Sudjana dan teranyar Mayjen (purn) TNI Kivlan Zen, mantan Kepala Staf Kostrad yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar.

Diteken Direskrimum Polda Sumut

Sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak bakal diperiksa penyidik Polda Sumut untuk dimintai keterangannya pada Selasa (28/5/2019).

Dalam surat itu juga disebutkan agar Dahnil hadir di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Unit 4 Subdit 1/TP Kamneg pada Selasa 28 Mei 2019 pukul 10.00 WIB.

Surat itu ditandatangani Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kasubdit I TP Kamneg, Simon Paulus Sinulingga.

Namun saat dikonfirmasi Simon Sinulingga enggan berkomentar banyak.

“Sama humas saja. Kita enggak bisa kasih keterangan, karena corongnya humas,” ujar Simon Sinulingga.

Secara terpisah, MP Nainggolan, Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Sumut saat dikonfirmasi mengaku tidak tahu.

“Siapa itu (Dahnil)? Ngapain pula orang Jakarta diperiksa di sini? Enggak tahu saya itu,” ujarnya.

Respons Sekretariat GNPF Ulama Sumut

Namun Eman Taufiq, Sekretariat GNPF Ulama Sumut menduga Dahnil Simanjuntak dipanggil berkaitan dengan acara yang dihadirinya pada 4 Mei 2018 silam di Masjid Raya Medan.

“Kami juga lihat surat panggilan itu. Kami juga enggak tahu kasusnya yang mana. Mungkin berkaitan dengan kedatangannya di Medan pas tanggal 4 itu,” ujar seperti dilansir CNNIndonesia.

baca juga | EGGI SINDIR BPN PRABOWO: KALAU TAK BANTU JANGAN BUAT SUSAH

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya, tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana, lewat kuasa hukumnya Pitra Romadoni menyindir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pitra menyarankan BPN tidak menyusahkan kliennya bila memang tak ada keinginan membantu.

“Saya minta kepada tim BPN, kalau seumpamanya tidak bisa membantu tolong jangan buat kita susah, itu saja,” kata Pitra di Polda Metro Jaya, Selasa (14/5/2019).

Pitra tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan membuat susah itu. Awak media pun mencoba memperjelas pernyataan itu. Namun Pitra hanya diam dan berjalan masuk ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya untuk bertemu dengan kliennya.

Terpisah, Jubir BPN Andre Rosiade mengaku tidak paham maksud pengacara Eggi Sudjana. Ia pun mengaku prihatin dengan kasus yang dihadapi Eggi. Dia sempat berharap penyidik tidak menahan Eggi.

“Kami berharap penyidik tidak menahan bang Eggi karena selama ini beliau kooperatif ya. Setiap panggilan beliau datang, beliau menjawab,” kata Andre.

Reporter | Jeremitaran

Related posts

Leave a Comment